Monday, June 28, 2010

Coil Denitration

COIL DENITRATOR


Contoh :


Para teman2 tentu nya pengen donk mendapatkan Parameter air yang terbaik.oleh sebab itu maka kandungan Nitrate/No3 harus di tekan se minim mungkin, banyak cara salah satu nya ini COIL DENITRATOR.

Deskripsi :

Denitrator Filter berguna untuk menghilangkan kandungan Nitrate/NO3 dari air di akuarium kita. Prinsip nya adalah menumbuhkan Bakteri Anaerob didalam Denitrator Filter untuk mengurai NO3 menjadi Gas Nitrogen/N2.

Alat – Alat yang di butuhkan :

- PVC minimal 3” sepanjang 50cm

- Bioball, Bioring, Bio Pellet, Batu apung, Dll

- Selang aerator, Minimal 25 m.

- Pump Min 300Lph, Max 600Lph

- Sok aerator sebanyak 2 buah

- Pengatur selang (infus )

- Cat hitam. ( tambahan )

Cara Kerja :

Air yang masuk melalui pump mengalir secara perlahan-lahan. didalam selang air menuju dasar tabung. Air ini masih kaya dengan DOC dan Nitrate. Didalam selang ini akan terjadi proses penguraian oleh Aerob Bakteri dari DOC -> Amonia -> Nitrite. Pada saat awal dijalankan maka keluaran air dari coil denitrtator akan terdeteksi adanya Nitrite/NO2. Hal ini wajar adanya karena coil denitrator masih dalam proses cycling dan Anaerob Bakteri belum bisa hidup karena masih adanya O2 didalam air. Anaerob bakteri tidak bisa hidup jika didalam air masih terdapat Oksigen.

Seiring dengan bertambahnya jumlah Aerob Bakteri didalam selang akan mengkonsumsi juga semua Oksigen yang ada dalam air sehingga pada akhirnya terjadi kondisi air yang Anaerobik diujung selang bagian bawah. Air yang keluar didasar tabung sudah tidak lagi mengandung Gas O2 dan hasil penguraian Aerob Bakteri tidak lagi berupa Nitrit/NO2 tetapi sudah terurai menjadi Nitrate/NO3. Air akan mengalir kembali keatas melalui bagian tengah coil yang berisi Bioball. Bio Media ini merupakan tempat hidup Denitrifikasi Bakteri (Anaerob Bakteri) yang akan mengurai Nitrat menjadi Gas Nitrogen/N2. Setelah koloni Denitrifikasi Bakteri ini menjadi stabil baru akan bisa mengurai Nitrat yang berfluktuasi jumlahnya.


Kunci sukses pemakaian alat ini adalah kesabaran dalam mengatur jumlah air yang masuk melalui Coil Denitrator sehingga keluaran airnya tidak berbau dan bebas nitrat.
Keluaran air dari Coil Denitrator hanya menetes.

Cara setting :

Tetes kan keluaran air dari CD (coil denitrator ) sebanyak 1 tetes per detik.biarkan selama beberapa minggu, jika sudah tercium bau busuk dari keluar an air denitrator maka percepat tetesan (drip). Tapi INGAT jangan terlalu cepat buat lah selama 2 tetes perdetik. Selama beberapa minggu kemdian test dengan test kit apabila air di rasa telah mencapai undetec nitrate boleh di percepat kembali. Tapi apabila nitrate kembali naik dari keluaran CD maka pelankan drip nya. ( semoga mengerti )

No comments:

Post a Comment